Pupuk Indonesia Kenalkan Ragam Budaya kepada Peserta Siswa Mengenal Nusantara

By Admin

Foto/Istimewa  

nusakini.com - PT Pupuk Indonesia (Persero) kembali berpartisipasi dalam program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) yang merupakan program pertukaran pelajar yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN. Tahun 2017 ini. PT Pupuk Indonesia (Persero) bersama PT Kawasan Berikat Nusantara (Persero), PT Sarinah (Persero), PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (Persero), dan PT Perusahan Pengelolaan Aset (Persero) menjadi pelaksana kegiatan SMN di Provinsi DKI Jakarta.

Menteri BUMN Republik Indonesia Rini Soemarmo saat menerima rombongan peserta SMN di Kantor Kementerian BUMN, Selasa (25/7) mengucapkan selamat kepada siswa-siswi yang terpilih menjadi peserta SMN dan berharap agar peserta SMN belajar mengenai budaya dan BUMN. “Ambilah kesempatan ini untuk belajar tentang budaya dan mengetahui apa itu BUMN, BUMN milik rakyat, milik adik-adik semua.” kata Rini.

Rini menambahkan, yang paling utama dari program SMN ini ingin menciptakan suasana supaya siswa-siswi ini mengenal satu sama lain budaya-budaya yang ada di Indonesia. Memberi kesempatan kepada mereka melihat tempat lain. Sehingga mereka bisa terbuka. Dengan demikian para generasi muda ini bisa lebih mengetahui Indonesia.

Sementara itu, Direktur Utama PT Pupuk Indonesia (Persero) Aas Asikin Idat mengatakan tahun ini Pupuk Indonesia menerima sebanyak 20 siswa yang berasal dari Kalimantan Timur untuk melaksanakan program kegiatan SMN di Propinsi DKI Jakarta dan mengirimkan sebanyak 20 siswa-siswi asal DKI Jakarta yang berprestasi dan telah menjalani seleksi diwilayahnya masing-masing untuk mengikuti kegiatan pertukaran pelajar ini selama tujuh hari di Kalimantan Timur

“Melalui kegiatan ini kami sebagai BUMN berharap peserta SMN dapat memahami dan saling mengenal keanekaragaman budaya maupun kekayaan alam provinsi lain, dan agar mereka mengerti bahwa perbedaan adalah sebuah kekayaan bangsa yang wajib disyukuri”, kata Aas.

Aas menambahkan kegiatan yang merupakan bagian dari program besar BUMN Hadir untuk Negeri yang di gagas Kementerian BUMN ini digelar dari tanggal 25 Juli hingga 1 Agustus 2017. “Selama sepekan, siswa/siswi asal propinsi Kalimantan Timur berkesempatan untuk mempelajari berbagai ragam budaya dan mengenal tempat-tempat wisata hingga mengunjungi perusahaan BUMN untuk menambah wawasan dan pengetahuan,” tambahnya.

Nantinya para peserta SMN akan diajak mengenal kearifan budaya lokal dan sistem pendidikan melalui berbagai kegiatan dan kunjungan. Di hari pertama para siswa-siswi asal Kaltim rencananya akan mengunjung Balai Kota dan kementerian BUMN di Jakarta.

Selanjutnya para peserta akan diajak untuk melihat kawasan industri dan Pabrik Pupuk Kujang anak usaha PT Pupuk Indonesia, untuk menambah pengetahuan tentang ilmu botani dihari ketiga Peserta akan diajak ke Kebun Raya Bogor dan mengunjungi Museum Botani.

Peserta akan diajak melihat ikon Ibukota Jakarta yaitu Monumen Nasional (Monas) serta mengunjungi salah satu masjid terbesar di Asia Tenggara yaitu Masjid Istiqlal dan mengunjungi beberapa perusahaan BUMN seperti Sarinah dan Perusahaan Pengelolaan Aset, Kawasan Berikat Nusantara dan Jakarta Industrial Estate Pulogadung. Untuk memperdalam dan mengenal kebudayaan Betawi peserta akan mengunjungi Kampung Budaya Betawi di Setu Babakan dan bermain di anjungan Taman Mini Indonesia Indah serta Dunia Fantasi di Ancol.

Kegiatan SMN merupakan program dari Kementerian BUMN yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN dan dilaksanakan oleh seluruh BUMN yang memiliki wilayah kerja di 34 provinsi di Indonesia. Tujuan kegiatan SMN adalah untuk menanamkan rasa bangga sebagai bangsa yang memiliki keragaman kekayaan Nusantara melalui proses pertukaran informasi dan kebudayaan. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan daya saing bangsa melalui kerja nyata yang berdampak langsung pada masyarakat. (p/mr)